STOP BULLYING!! DON'T BULLY BE A FRIEND


Hai temen – temen. Assalamuallaikum Wr. Wb
*maaf maaf kalo ada typo semoga bermanfaat* STOP BULLYING!!!



Entah malam ini rasanya saya ingin sekali membahas tentang BULLYING. Wahhhh kalo menurut saya pribadi kita semua pernah merasakan yang namanya bullying nih yah, nah tapi tergantung dari pribadi sesorang juga bagaimana menanggapinya, karna setiap orang akan berbeda cara menanggapinya. Ada yang baperan, ada yang ya biasa aja.
            Nah kenapa sih kita perlu tau bullying? Karna dampaknya juga bisa menjadi pengaruh negatif terhadap perkembangan seperti mentalnya karna sering di bully, terutama untuk jika bullyingnya terjadi pada masa kanak – kanak khawatir saat dewasa ia trauma dan bisa jadi saat remaja ia jadi takut untuk bersosialisasi karan sering dibully, bahkan kesehatan juga bisa terganggu.
            Ohya, untuk bullying sendiri ada bermacam – macam loh tidak hanya bully yang bersifat fisik, ada yang secara verbal atau dengan kata – kata, bullying secara relasional atau hubungan pertemanan, dan bullying secara elektronik yah yang ini lebih ke sosmed.
            Nah, jadi apa sih bullying itu? Yappss, bullying adalah suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang di lakukan secara berulang atau berpotensi untuk terulang.
            Bullying bisa terjadi dalam lingkungan sekolah, lingkungan rumah, tempat kerja dan tempat dimana manusia berinteraksi. Banyak sekali kasus bullying di indonesia terutama di lingkungan sekolah yah di masa – masa remaja gituu.
            Dampaknya gimana sih kalo saudara kita, ataupun diri kita sendiri yang mengalami bullying? Pastinya untuk kesehatan bisa terganggu yah, bullying sendiri bisa membawa pengaruh buruk terhdapat kesehatan fisik maupun mental. Lalu mucul berbagai macam masalah seperti depresi, gelisah, gangguan pola tidur, sakit kepala, sakit perut, menyendiri, rasa tidak percaya diri, rasa tidak aman. Lalu jika korban mengalami bullying yang berat bisa memicu tindakan yang fatal seperti bunuh diri. Tuh, bahaya yah.
            Kalo tadi dampak negatif bullying, ada ga sih dampak positifnya? Ada lohh bullying bisa mendorong perkembangan positif bagi anak – anak yng mengalami korban bullying, cenderung lebih kuat dan tegar dalam mengahadapi suatu masalah, membangkitkan keinginan mereka untuk menunjukan potensi yang mereka miliki agar tidak di rendahkan lagi, terdorong untuk berintrospeksi diri. Nah, ini tergantung bagaimana dirI seseorang merespon yah :) 
Lah terus yang ngebully kena dampaknya ga sih? Bisa, menurut riset, saat meninjak usia dewasa , anak – anak yang suka membully memliki kecenderungan yang lebih besar untuk berperilaku kasar, melakukan kriminalotas dan bisa terlibat dalam pergaulan bebas.
Untuk mencegah dan menghambat munculnya tindak kekerasan di kalangan remaja, maka di perlukan peran dari semua pihak yang terkait dengan lingkungan kehidupan remaja. Sedini mungkin anak – anak memperoleh lingkungan yang tepat. Dan keluarga lebih care terhadap anak. Karna biasanya jika hubungan komunikasi ibu dan anak atau keluarga komunikasinya kurang maka anak untuk menceritakan apa yang terjadi padanya itu malu atau enggan bahkan takut.

Komentar

Posting Komentar