Kemajuan dan Teknologi Dalam Bidang Kesehatan


Kemajuan dan Manfaat Teknologi Dalam Dunia Kesehatan

            Kita ketahui bahwa saat ini kemajuan teknologi sangat berkembang pesat salah satunya adalah teknologi informasi atau yang sering kita kenal IT, yang merambah ke berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah pada bidang kesehatan. Kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan ini sangat berkembang dengan begitu pesat, sehingga banyak temuan – temuan yang didapatkan dengan bantuan teknologi dan informasi baik dalam bidang manajemen rumah sakit, pengobatan, informasi tentang kesehatan, maupun penelitian tentang kesehatan.
            Teknologi adalah keseluruhan sarana dan untuk menyediakan barang – barang yang di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Salah satu pengaruh kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan dapat dilihat dari banyaknya perubahan sistem rumah sakit. Pada zaman dahulu sistem rumah sakit masih mengguankan sistem manual sedangkan pada saat ini kemajuan teknologi sangat besar pengaruhnya terhadap sistem pelayanan rumah sakit seperti penggunaan teknologi dan informasi untuk mendukung manajemen informasi kesehatan yang memiliki kemampuan pengolahan lebih cepat dengan berbagai aplikasi. Secara umum yang mengalami perubahan teknologi yang begitu pesat pada bidang kesehatan yaitu pengguanaan rekam medis. Rekam medis dengan berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien secara lengkap.
            Kemajuan teknologi lainnya yaitu adanya resep elektronik. Pada zaman dahulu penulisan resep obat masih menggunakan sistem manual yang memungkinkan terjadinya human error. Pada saat ini, penulisan resep obat sudah beralih menjadi resep elektronik diharapkan dapat mengurangi kesalahan dalam pembacaan resep obat oleh tenaga kesehatan yang akan di berikan kepada pasien. Selain itu, resep elektronik merupakan bagian dari sistem dokumentasi pasien yang akan membantu tenaga kesehatan untuk menghindari kesalahan – kesalahan yang biasanya terjadi dalam peresepan obat. Selain itu, semakin berkembang pesatnya teknologi dalam bidang kesehatan juga menghasilkan alat – alat canggih untuk mendeteksi atau menunjang dalam penanganan pasien seperti USG, MRI,CT SCAN,Cangkok ginjal dan perkembangan teknologi lainnya.
            Kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan memberikan pengaruh positif maupun negatif. Semakin pesat teknologi semakin besar perubahan di masyarakat dalam bidang kesehatan untuk mengakses informasi tentang kesehatan. Serta mempermudah tenaga kesehatan dalam penegakkan diagnosa, pemberian terapi, dan juga mempermudah mahasiswa mengetahui proses pembelajaran dan up to date dari dunia kesehatan.
            Berikut adalah beberapa teknologi dalam kesehatan :
1.      Usg

2.      Ekg


3.      Endoscopy

4.      MRI



Mengacu pada website resmi dari Joint Commission International sampai dengan saat ini rumah-rumah sakit Indonesia yang telah berhasil memperoleh sertifikat dari organisasi internasional yang berpusat di Amerika Serikat tersebut adalah:
1.      Awal Bros Hospital Batam
2.      Awal Bros Hospital Bekasi
3.      Awal Bros Hospital Pekanbaru
4.      Awal Bros Hospital Tangerang
5.      Eka Hospital Tangerang
6.      Eka Hospital Pekanbaru
7.      Fatmawati General Hospital
8.      RS Premier Bintaro Tangerang
9.      RS Premier Jatinegara - PT Affinity Health Indonesia Jakarta
10.  RS Premier Surabaya - PT Affinity Health Indonesia Surabaya
11.  RSUP Sanglah Bali
12.  RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
13.  Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah Jakarta
14.  Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad Jakarta
15.  Santosa Hospital Bandung Central (SHBC) Bandung
16.  Siloam Hospitals Lippo Village
17.  DR Sardjito Hospital Yogyakarta (Program RS Pendidikan)
18.  JEC@Kedoya Eye Hospital (Program Rawat Jalan)

Referensi : 



Komentar